Laman


Rabu, 19 Desember 2012

Zaman Kemerdekaan India

Sejarah kemerdekaan India Pada tahun 1824 Pemerintah Inggris mengambil alih kekuasaan terhadap English East India Company dari India dan dengan demikian secara mutlak mendudukkan kekuasaannya terhadap negara ini. Meskipun demikian, Inggris masih mengizinkan berdirinya kerajaan-kerajaan kecil yang dikepalai oleh pangeran-pangeran. Inggris juga menempatkan seorang Gubernur Jenderal di India sebagai Wakil Mahkota dan Pemerintahnya. Ahli-ahli sejarah India menganggap zaman penjajahan Inggris tersebut sebagai suatu proses modernisasi yang menguntungkan bagi penyatuan seluruh wilayah India secara politis dan administratif dan berlakunya ketentuan-ketentuan hukum dalam mengatur kehidupan masyarakat. Demikian juga menjelang abad ke-19 diletakkan dasar-dasar pembangunan industri serta peningkatan lembaga-lembaga pendidikan di India.
 Gerakan kemerdekaan dan perasaan kebangsaan India mulai timbul pada pertengahan abad ke-19 dengan meletusnya suatu pemberontakan yang dipimpin oleh raja-raja India pada tahun 1857, tetapi berhasil ditindas oleh Inggris. Gerakan kemerdekaan tersebut mencapai suatu bentuk yang lebih nyata dengan berdirinya Indian National Congres pada tahun 1885 yang pada tahun 1905 menuntut diadakannnya “Swaraj” (self-rule): dari-oleh-untuk bangsa India.Kemudian pada tahun 1906 didirikan pula Indian Muslim League untuk menyatukan dan menjamin kepentingan-kepentingan orang Islam di India. Dari sinilah sebetulnya awal permulaan lahirnya negara Pakistan.
Demikianlah selama kurang lebih setengah abad lamanya, gerakan kemeredekaan India menuntut kemerdekaan penuh bagi India. Pemimpin-pemimpin terkenal dalam gerakan ini antara lain ialah Mahatma Gandhi, Jawaharlal Nehru dan Mohd. Ali Jinnah. Pada tahun 1935, Inggris mengumumkan “The Government of India Act” yang merupakan Undang-Undang Dasar untuk pemilihan dewan-dewan perwakilan di negara-negara bagian. Banyak kedudukan dalam dewan-dewan tersebut dimenangkan oleh  National Congress dan Muslim League.Dan pada tahun 1940, untuk pertama kalinya, Muslim League menuntut satu negara khusus untuk orang-orang Islam.
Menjelang berakhirnya Perang Dunia II, tuntutan kemerdekaan makin mendesak kepada Pemerintah Inggris yang menghasilkan dibentuknya suatu Constituent Assembly, tetapi Muslim League tidak bersedia ikut serta dalam Constituent  Assembly ini dan tetap menuntut dibentuknya suatu negara tersendiri bagi penduduk Islam India. Tuntutan kaum Muslim itu akhirnya dipenuhi oleh Inggris  dengan pembentukan negara Pakistan. Pada tanggal 15 Agustus 1947, Inggris
memberikan kemerdekaan kepada India dan Pakistan. Zaman Kemerdekaan,Setelah berhasil menanggulangi dua masalah besar pada awal kemerdekaannya, yaitu perpindahan penduduk secara besar-besaran akibat terpecahnya bekas jajahan Inggris ini menjadi India dan Pakistan serta masalah pengintegrasian k.l. 600 kerajaan-kerajaan kecil yang diperintah oleh pangeran-pangeran ke dalam Negara Kesatuan India, India mulai menyusun kerangka kehidupan kenegaraannya dalam
bentuk suatu Undang-Undang Dasar yang mulai berlaku pada tanggal 26 Januari 1950. Sejak tanggal ini pula India resmi menjadi Republik India dengan Presiden sebagai Kepala Negaranya dan Perdana Menteri sebagai kepala Pemerintahannya.

Salah satu tujuan India adalah untuk mencapai kemerdekaan ekonomi yang diusahakan melalui pembangunan ekonomi dan sosial berencana melalui berbagai Repelita yang dimulai sejak April 1951. Dalam masa lebih dari 30 tahun ini India telah berhasil membangun industri-industri berat dan mendidik tenaga-tenaga teknologi yang menjadi landasan untuk pembangunan industri-industrinya lebih lanjut (seperti: mobil, pesawat terbang, tank dan persenjataan, mesin-mesin dan generator-genarator berat, kereta api dan sebagainya). Selain itu dalam beberapa tahun terakhir ini India juga telah berhasil  mencukupi kebutuhannya sendiri akan bahan-bahan pangan.
Puncak: WW2, Quit India, INA, INA percobaan dan pasca-perangpemberontakan
India di seluruh negeri itu dibagi atas Perang Dunia II , sebagai Linlithgow , tanpaberkonsultasi dengan wakil India telah secara sepihak menyatakan India berperang disisi sekutu . Dalam oposisi terhadap tindakan Linlithgow itu, seluruh pimpinan Kongresmengundurkan diri dari dewan pemerintah daerah. Namun, banyak yang inginmendukung upaya perang Inggris, dan memang India Inggris Angkatan Darat adalahsalah satu kekuatan terbesar relawan, penomoran 205.000 laki-laki selama perang.
 Terutama selama Pertempuran Inggris , Gandhi menolak panggilan untuk besar gerakan-gerakan pembangkangan sipil yang datang dari dalam maupun di luar partainya, menyatakan ia tidak mencari kemerdekaan India dari abu dari Inggris hancur.Namun, seperti nasib berubah dari perang itu sendiri, gerakan untuk kebebasan melihatmunculnya tiga gerakan yang membentuk klimaks dari perjuangan 100-tahun untukkemerdekaan.Yang pertama, yang konspirasi Kakori (9 Agustus 1925) dilakukan oleh pemuda India dibawah kepemimpinan Pandit Ram Prasad Bismil , kedua adalah Azad Hind gerakanyang dipimpin oleh Netaji Subhash Chandra Bose.
http://www.scribd.com/doc/78619412/Gerakan-Kemerdekaan-India
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20121009064224AA3Bq0U

Tidak ada komentar:

Posting Komentar